Akikah (bahasa Arab: عقيقة, transliterasi: Aqiqah) yang berarti memutus dan melubangi, dan ada yang mengatakan bahwa akikah adalah nama bagi hewan yang disembelih, dinamakan demikian karena lehernya dipotong, dan dikatakan juga bahwa akikah merupakan rambut yang dibawa si bayi ketika lahir. Adapun maknanya secara syari’at adalah hewan yang disembelih untuk menebus bayi yang dilahirkan.

Hukum akikah menurut pendapat yang paling kuat adalah sunah muakkadah, dan ini adalah pendapat Jumhur Ulama, berdasarkan anjuran Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam dan praktik langsung beliau Shallallaahu alaihi wa Sallam. “Bersama anak laki-laki ada akikah, maka tumpahkan (penebus) darinya darah (sembelihan) dan bersihkan darinya kotoran (Maksudnya cukur rambutnya).” (HR: Ahmad, Al Bukhari dan Ashhabus Sunan)

Perkataannya “Shallallaahu alaihi wa Sallam”, yang artinya: “maka tumpahkan (penebus) darinya darah (sembelihan),” adalah perintah, namun bukan bersifat wajib, karena ada sabdanya yang memalingkan dari kewajiban yaitu: “Barangsiapa di antara kalian ada yang ingin menyembelihkan bagi anak-nya, maka silakan lakukan.” (HR: Ahmad, Abu Dawud dan An Nasai dengan sanad yang hasan).

Perkataan beliau Shallallaahu alaihi wa Sallam, yang artinya: “ingin menyembelihkan,..” merupakan dalil yang memalingkan perintah yang pada dasarnya wajib menjadi sunah.

Aqiqah adalah salah satu ajaran dan syiar Islam yang dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Aqiqah mengandung hikmah dan manfaat yang besar bagi nilai-nilai kemanusiaan. Selain sebagai wujud rasa syukur kita atas anugerah putera/puteri kita yang diamanahkan oleh Allah SWT kepada kita, aqiqah dapat memperkuat ikatan silaturahim. Selain itu, syiar ini menjadi bukti betapa Islam memperhatikan masalah sosial kemasyarakatan. Para fakir miskin dan kaum dhuafa dapat menikmati berkah dari hewan (baca: kambing/domba) di saat mereka membutuhkan perbaikan gizi.

Aqiqah untuk Laki-laki dan Perempuan

Sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan para salafushalih, afdholnya untuk bayi laki-laki yang baru lahir disembelihkan 2 (dua) ekor kambing, sedangkan bayi perempuan cukup 1 ekor.

 

About admin

Catering Aqiqah | Jasa Aqiqah Jakarta Depok Bogor Bekasi | Aqiqah Anak